Posted on

Sejarah Helm Motor di Indonesia

Helm adalah salah satu penutup kepala yang berfungsi untuk melindungi kepala dari guncangan. Helm sebagai pelindung kepala sudah digunakan sejak zaman Yunani Kuno. Awalnya, helm adalah alat pelindung kepala yang digunakan pada saat peperangan.
Pada era modern seperti sekarang, helm telah berkembang menjadi beberapa jenis, seperti helm motor, helm sepeda, helm perang, dan helm proyek. Kepala POLRI ke-5, Jenderal Polisi (Purn.) Hoegeng Imam Santoso, pernah mewajibkan penggunaan helm motor di Indonesia. Namun, hal tersebut menuai penolakan dari masyarakat.


Pada akhirnya, kewajiban menggunakan helm motor di Indonesia dituangkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1992. Undang-undang tersebut kini telah diganti dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009. Pada undang-undang tersebut, tercantum bahwa:
(1) Setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib dilengkapi dengan perlengkapan kendaraan bermotor.
(2) Perlengkapan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bagi sepeda motor berupa helm standar nasional Indonesia.
Di Indonesia, terdapat beberapa jenis helm motor, di antaranya adalah helm batok (shorty helmet), helm half face, helm full face, dan helm modular. Helm batok adalah helm yang hanya bisa menutupi bagian batok kepala saja. Helm jenis ini tidak mampu melindungi bagian telinga, kepala bagian bawah, dan wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *